Tips Untuk Anda

"Cakra Tunggal" Sewa & Rent Car Solo
Menjadi pilihan terpercaya sebagai sarana mobilitas Anda

 

 

Tip Mencegah Mabuk Darat Saat Berkendaraan Perjalanan Jauh
 

Bagi Anda yang memiliki permasalahan “mabuk perjalanan” tentu melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan Anda merupakan sebuah tantangan besar yang menakutkan. Seringkali karena permasalahan tersebut membuat Anda menjadi tidak nyaman ketika melakukan perjalanan, terutama dengan mobil. Jangankan melakukannya, membayangkannya saja tentu sudah sangat membuat Anda.

Sampai saat ini tidak diketahui alasan mengapa seseorang bisa mengalami mabuk perjalanan, sementara ada orang lain yang sama sekali tidak pernah mabuk perjalanan walaupun jarak yang ditempuh terbilang sangat jauh. Para ahli meyakini bahwa mabuk perjalanan terjadi ketika otak kewalahan oleh pesan-pesan berlawanan yang diterimanya dari sistem saraf. Kendaraan-kendaraan yang lalu lalang, gerakan mobil yang bergoyang kesana kemari, atau mungkin situasi di dalam mobil yang tidak nyaman dapat menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan mabuk perjalanan yang dilansir oleh laman tempointeraktif.com, dan mungkin berguna bagi Anda:

Duduklah searah dengan arah laju kendaraan
Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan adalah posisi duduk dan arah pandang yang salah. Ini biasanya terjadi pada anak-anak yang suka seenaknya menentukan posisi duduk dan tidak searah dengan laju kendaraan. Posisi duduk menyamping atau membelakangi arah laju mobil akan memicu rasa mual atau pusing.

Arahkan pandangan ke objek di tempat yang jauh
Benda atau objek yang letaknya jauh tidak bergerak secepat objek yang dekat ketika mobil melaju. Jangan biasakan ketika Anda di dalam mobil, melihat objek atau benda yang bergerak cepat karena dapat membuat saraf mata Anda bekerja lebih keras. Hal inilah yang membuat Anda sering merasa pusing ketika melakukan perjalanan jauh.

Hindari membaca terlalu lama
Memang tidak ada salahnya membaca buku atau majalah yang Anda bawa sebagai upaya mengisi waktu perjalanan yang lama. Tapi, usahakan untuk tidak membaca pada saat kendaraan Anda melaju dalam kecepatan yang tinggi. Anda bisa membaca manakala kecepatan mobil sedang rendah atau sedang macet.

Cegah rasa bosan
Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, kebosananan ketika melakukan perjalanan jauh dapat memicu stress. Sedangkan stres bisa menyebabkan mual atau mabuk perjalanan. Lakukannya beberapa permainan atau mendengarkan musik sebagai upaya relaksasi dalam perjalanan jauh.

Hindari asap rokok di ruang kabin
Bagi Anda perokok berat dan tidak bisa meninggalkan kegemaran tersebut sebaiknya tidak merokok di dalam mobil, ataupun membuka jendela mobil ketika merokok. Nikotin yang terkandung dalam asap rokok tersebut akan menyebabkan detak jantung terpacu bagi yang menghirupnya. Akibatnya, tentu akan mual dan berujung pada mabuk perjalanan.

Perbanyak minum air putih dan makan makanan ringan
Memperbanyak minum air putih, air jahe, air jeruk, atau jus buah akan sangat membantu mempertahankan cairan dalam tubuh. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang seringkali kehilangan cairan tubuh ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, camilan atau makanan ringan yang mengandung jahe atau permen jahe cukup ampuh mengusir dan mencegah timbulnya mual.

Hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas
Makanan yang berminyak dapat memicu jaringan tubuh lebih banyak menyerap air sehingga berpotensi mengalami kekurangan cairan. Sedangkan pedas dapat mengganggu pencernaan Anda seperti mulas dan mual.

Hindari aroma yang menusuk hidung di kabin mobil
Aroma tidak sedap di dalam mobil bisa memicu terjadinya rasa mual pada penumpang dan berujung pada mabuk perjalanan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa menggunakan aroma terapi seperti potongan jeruk nipis, daun sereh, serta kopi bubuk.

Istirahat setelah melakukan 3-4 jam perjalanan
Tubuh Anda bukanlah mesin yang bisa dipacu sedemikian rupa tanpa henti. Tubuh kita perlu istirahat untuk memperoleh kembali energi untuk melakukan perjalanan jauh. Istirahatlah setelah 3-4 jam karena akan membantu Anda untuk menghirup udara segar dan melemaskan otot-otot yang kaku. Kurangnya asupan oksigen segar ke jantung yang dibawa oleh darah akan memicu rasa mual atau pusing.

 

Posted by "Cakra Tunggal" Sewa Mobil & Rent Solo" - Maret 2012

Tag: tip menghindari mabuk, agar tidak mabuk saat berkendaraan, berkendaraan perjalanan jauh, mabuk perjalanan, agar tidak mabuk, menghindari mabuk saat perjalanan, charter mobil murah di solo, rent car Solo city, Solo City Rent Car

 

ARTIKEL :

 

Ngabuburit menyusuri Kota Solo

Tips jitu Menerima Order calon pelangan di Solo Rentcar

Syarat mendirikan sebuah Perusahaan Rental Mobil

Kota Solo Berkembang, Usaha Rental Mobil Semakin Menjanjikan

Kiat Memilih Mobil Keluarga yang Cocok

Kiat Memilh Biro Wisata yang Baik

Kiat Mencegah Mabuk Saat Perjalanan

Tips saat Melakukan Perjalanan Jauh

Tips Bepergian saat Naik Pesawat dengan Bayi

Tips Mengendarai Mobil saat Malam Hari

 

 

 

 

Home Page | Unit Armada | Layanan Rental | Paket Wisata | Profile Kami | Ketentuan Booking

 

 

Copyright (c) Maret 2012 by Cakra Tunggal Solo. All rights reserved.

http://www.GriyaRentalMobil.com  - 10 Maret 2012

 

Mau Sewa dan Rental Mobil di Solo? Cakre Kresna Jawabannya